Waspadai Challenge Add Yours di Instagram, Dapat Jadi Modus Penipuan Baru!

Source: Unsplash/@neonbrand

Baru-baru ini Instagram meliris fitur baru berupa stiker Add Yours atau Balasan Anda di Instagram Story. Mulanya stiker ini ramai digunakan pengguna untuk membuat challenge Add Yours yang meminta pengguna lainnya ikut membalas stiker tersebut dengan story seperti menyebutkan usia, nama panggilan, tanggal lahir, dan tak jarang challenge-nya menyangkut identitas pribadi pengguna. 

Meskipun tren ini dijadikan sebagai ajang seru-seruan di media sosial, namun rupanya fitur Add Yours dapat menjadi modus penipuan baru. Pasalnya beberapa topik pada challenge ini dapat menjadi “jebakan” dan tanpa disadari identitas pribadi Anda dapat bocor dan yang terburuk adalah disalah gunakan. 

Seperti yang dialami oleh seseorang yang ceritanya diunggah oleh akun Twitter @ditamoechtar_. Akun tersebut menceritakan jika rekannya tertipu dan dimintai sejumlah uang oleh penipu yang memanggilnya dengan panggilan akrab. Diduga jika panggilan akrab tersebut didapatkan oleh penipu melalui challenge di Instagram. 

Modus kejahatan baru

Jangan dianggap sebagai hal yang sepele, rupanya membagikan secuil dari informasi pribadi di media sosial dapat dimanfaatkan untuk profiling oleh pelaku kejahatan. Profiling merupakan kegiatan mengumpulkan informasi untuk mengidentifikasi seseorang, dan di tangan orang yang tidak bertanggungjawab ini dapat dimanfaatkan untuk penipuan, penculikan, atau pemerasan.

Siapa sangka, dari membagikan nama panggilan dapat berujung pada penipuan berkedok sebagai orang terdekatnya? Tanpa disangka hal tersebut menjadi modus penipuan dengan memanfaatkan data pribadi. Berkaca dari kasus tersebut, ada beberapa hal lainnya yang tidak boleh Anda bagikan di media sosial guna menghindari cyber crime.

Beberapa hal yang tidak perlu dibagikan melalui tren Add Yours seperti nama lengkap mulai dari nama sendiri, orang tua, dan anggota keluarga lainnya secara lengkap. Kemudian nomor identitas pribadi seperti NIK, SIM, plat nomor kendaraan, atau nomor keanggotaan. Alamat pribadi juga usahakan jangan dibeberkan, ini dapat menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan.

Tak hanya itu, hal lainnya seperti karakteristik personal Anda, tempat tanggal lahir, dan informasi personal lainnya perlu Anda bagikan pada orang lain. Jangan sampai ikut-ikutan tren atau challenge Add Yours yang ada di Instagram, Anda menjadi oversharing yang dapat membahayakan diri sendiri. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.