Tingkatkan Konsentrasi dengan Mengkonsumsi Makanan Berikut!

Source: Freepik

Asupan makanan yang sehat tidak hanya berpengaruh pada energi tubuh saja, namun juga dapat berpengaruh pada daya konsentrasi otak. Anda pasti tidak nyaman jika hilang konsentrasi yang berdampak pada kinerja kurang optimal dan menurunkan produktivitas, kan? Cara mengatasinya tidak terlalu sulit, Anda dapat memastikan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat mengoptimalkan kinerja otak. 

Berikut beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meningkat konsentrasi!

Telur

Source: Unsplash/@thekatiemchase

Telur kaya akan kandungan protein dan nutrisi yang baik untuk otak seperti vitamin B6, B12, folat, dan kolin yang baik untuk menjaga fungsi otak serta meningkatkan memori dan daya ingat. Jenis protein yang mudah dijumpai ini memiliki kandungan vitamin B yang berperan penting untuk kesehatan otak. 

Anda dapat mengolah telur dengan cara direbus, telur mata sapi, atau dicampur dengan sayuran yang baik dikonsumsi saat sarapan. 

Ikan salmon

Source: Unsplash/@carolineattwood

Sudah tidak asing lagi jika ikan salmon dipercaya dapat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan konsentrasi. Ini karena adanya kandungan omega 3 pada ikan salmon yang dapat membangun sel otak dan saraf untuk meningkatkan daya ingat serta daya fokus. Pengolahannya juga mudah, Anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara seperti dipanggang, kukus, goreng, dan lainnya.

Brokoli

Source: Unsplash/@tyrrell_fitness_and_nutrition

Brokoli mengandung vitamin K yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kekuatan otak. Selain dikenal baik untuk kesehatan, brokoli juga memiliki senyawa glukosinolat yang berfungsi dapat menurunkan stres oksidatif dan risiko penyakit saraf degeneratif. Inilah yang dibutuhkan oleh saraf pusat untuk tetap berfungsi dengan baik, meningkatkan konsentrasi, serta membuat ingatan tetap tajam.

Cokelat hitam

Souce: Unsplash/@charissek

Cokelat hitam atau dark chocolate dapat meningkatkan konsentrasi pada otak karena adanya kandungan kafein, antioksidan, dan flavonoid yang merupakan kandungan baik untuk kesehatan otak. Kandungan flavonoid pada cokelat hitam inilah yang dapat meningkatkan memori, konsentrasi, dan memperlambat penurunan mental. 

Ini dapat menjadi pilihan saat Anda suntuk ditengah belajar atau bekerja hingga hilang konsentrasi. Dengan mengkonsumsi cokelat hitam dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan membangkitkan mood. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.