Kopi Dicampur Lemon dapat Menurunkan Berat Badan, Apakah Benar?

Source: Pinterest

Umumnya, kopi dikonsumsi dengan cara dicampur susu ataupun krim. Tapi, apakah Anda pernah mendengar kopi dicampur dengan lemon? Rupanya hal ini sempat viral di sosial media dan dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. 

Dalam sebuah video di TikTok, terdapat ramuan yang dibuat dari campuran 1 sendok kopi dengan setengah potongan perasan air lemon yang diseduh dengan air hangat. Campuran tersebut harus diminum secara rutin, dan dikatakan dapat membuat kurus. Tapi, apakah hal ini benar? Dan apakah memberikan dampak yang baik untuk tubuh?

Kopi dan lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan mencampurkan keduanya dapat memberikan manfaat tapi tidak begitu besar. Melansir dari healthline, manfaat dari mengkonsumsi kopi dengan lemon lebih banyak memperoleh dari kopinya itu sendiri. Jadi, kontribusi lemon tidak memberikan banyak manfaat.

Meskipun sudah banyak yang merasakan jika kopi lemon ini dapat menurunkan berat badan, tetapi manfaat ini tidak sepenuhnya dibenarkan. Beberapa penelitian telah menunjukan jika kopi dapat membantu menurunkan berat badan. 

Maka dari itu, seseorang bisa merasa berat badannya menurun karena mengkonsumsi kopi lemon. Padahal, hal ini bisa saja terjadi tanpa campuran lemonnya. 

Amankah mencampurkan kopi dengan lemon?

Source: Pinterest

Sebenarnya tidak ada larangan untuk mencampurkan lemon dengan kopi, tetapi bagi sebagian orang berbahaya karena dapat memicu penyakit asam lambung. Ini karena kopi dan lemon sama-sama memiliki sifat asam. Terlebih kadar pH asam lemon lebih tinggi, sehingga jika keduanya dicampur dapat menimbulkan masalah tertentu bagi penderita maag.

Jadi, jika tujuan Anda mencampurkan kopi dengan lemon adalah untuk alasan diet hal ini tidak sepenuhnya benar. Tidak ada bukti yang mendukung jika kopi lemin dapat membuat lemak di tubuh mencair atau dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Apalagi jika Anda memiliki sistem pencernaan yang sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.