Mengenal Amenorrhea, Kondisi saat Wanita Tidak Mengalami Menstruasi

Source: Freepik

Normalnya, wanita mengalami siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya. Namun untuk beberapa kondisi tertentu, wanita mengalami siklus yang tidak lancar sehingga siklus menstruasi datang lebih cepat atau lebih lambat dari yang seharusnya. Berbeda dengan siklus yang tidak lancar, amenorrhea merupakan kondisi saat wanita tidak mengalami haid sama sekali. 

Apa itu amenorrhea?

Source: Freepik

Amenorrhea merupakan kondisi saat wanita tidak mengalami menstruasi dan terjadi saat wanita tidak mengalami siklus menstruasi selama 3 siklus berturut-turut atau lebih. Atau jika sampai umur 15 tahun belum pernah mengalami menstruasi. Amenorrhea terbagi menjadi dua yaitu amenorrhea primer, saat terjadi perubahan lain pada masa pubertas tapi belum mengalami menstruasi hingga usianya 15 tahun.

Adapun amenorrhea sekunder, yaitu kondisi saat sudah mengalami menstruasi yang teratur namun tiba-tiba tidak mengalami menstruasi selama lebih dari 3 hingga 6 bulan. Gejala awal yang timbul adalah tidak lancarnya siklus menstruasi. Biasanya hal ini dipicu oleh kehamilan, stress, hingga adanya penyakit tertentu. 

Penyebab amenorrhea

Source: Freepik

Amenorrhea atau amenore cukup umum terjadi pada remaja perempuan yang mengalami kekurangan berat badan atau gemar melakukan olahraga berat. Adapun faktor lainnya yang dipengaruhi oleh efek samping pengobatan, maupun hormon yang tidak seimbang. Untuk amenore primer, umumnya terjadi karena faktor keturunan atau adanya riwayat keluarga yang mengalami menstruasi terlambat.

Sedangkan untuk amenore sekunder ada cukup banyak penyebabnya seperti sedang menyusui, kehamilan menopause, efek dari penggunaan alat KB, stress, kemoterapi, penurunan atau peningkatan berat badan yang ekstrem, hingga adanya masalah kesehatan lainnya. 

Langkah pencegahan amenore yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah terjadinya amenore sekunder. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, memperhatikan siklus menstruasi secara berkala, dan melakukan pemeriksaan panggul secara teratur. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.