Self Healing dengan Menghancurkan Barang, Apakah Sehat?

Source: Freepik

Belakangan sedang ramai di media sosial mengenai sebuah tempat yang dapat menghilangkan stres di Jakarta. Tempat tersebut menyediakan benda-benda yang dapat dihancurkan oleh pengunjung untuk healing atau melepas stress. Namun, apakah self healing dengan menghancurkan barang adalah hal yang sehat secara psikologi?

Ada beberapa cara yang dapat seseorang lakukan untuk self healing, salah satunya adalah dengan mengeluarkan emosi negatif yang ada pada dalam diri misalnya dengan menghancurkan barang. Namun, cara ini tidak akan menyelesaikan masalah dan hanya dapat meredakan amarah sesaat saja. 

Meskipun upaya healing atau menyembuhkan luka batin dilakukan dengan pelampiasan pada menghancurkan benda mati cukup efektif untuk mengurangi emosi. Namun, hal ini juga tidak baik jika selalu diterapkan. Nantinya, akan muncul persepsi jika ia harus selalu mengerahkan energi secara penuh untuk merusak suatu objek dan dapat menjadi candu. 

Dampak buruk jangka panjangnya, menghancurkan barang saat emosi dapat menjadi kebiasaan bahkan menjadi respon otomatis. Memang, tidak ada salahnya jika Anda ingin melampiaskan emosi negatif dengan cara merusak barang. Namun, cukup lakukan sesekali saja, jangan sampai hal ini menjadi kebiasaan.

Self healing yang dapat dilakukan

Source: Unsplash/@jblesly 

Masih banyak kegiatan self healing lainnya yang dapat menyembuhkan luka batin Anda dan juga berdampak positif pada kesehatan mental dan fisik. Tidak harus mahal, Anda dapat melakukan self healing dengan cara-cara simple seperti melakukan latihan fisik ringan. Seperti relaksasi berupa latihan pernafasan, ini dapat meredakan ketegangan otot pada sekujur tubuh Anda. 

Selain itu juga Anda dapat melakukan kegiatan atau hobi yang Anda sukai. Self healing terbaik adalah dengan tidak merugikan diri sendiri. Fokuslah dengan diri sendiri, luangkan waktu untuk me time. Pergi travelling bersama kerabat atau sendiri juga dapat menjadi self healing yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.