Sering Merasa Bersalah Karena Ucapan Orang Lain? Ini Cara Mengatasi Guilt Trip!

Source: Freepik

Apakah Anda pernah merasa bersalah atau tidak enak hati pada seseorang, padahal tidak berbuat apa-apa? Atau justru, Anda yang pernah membuat orang merasa seperti itu? Tingkah laku ini disebut dengan Guilt Trip, yaitu sebuah bentuk komunikasi manipulatif yang digunakan seseorang untuk membuat korbannya merasa bersalah dan memberikan pengaruh secara emosional. 

Seseorang tanpa disadari dapat melakukan guilt trip, tapi tetap saja seseorang akan merasa tidak nyaman dan dapat merasa sedang dikendalikan. Dampak buruknya, hubungan Anda dengan orang yang sering membuat guilt trip akan toxic. Untuk mengatasi guilt trip, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut ini!

Batasi diri dengan pelaku

Source: Freepik

Kenali orang sekitar yang sering kali membuat Anda merasa guilt trip, kemudian tetapkan batasan dengan mereka. Dengan begitu, akan mengurangi risiko Anda akan terjebak dengan manipulasi yang seseorang lakukan. Cukup berkomunikasi sewajarnya dan yang penting saja, karena lebih baik tidak berhubungan dengan seseorang yang selalu membuat Anda merasa bersalah.

  • Tegas untuk berkata ‘tidak’
Source: Freepik

Kurangi sifat tidak enakan Anda yang sulit untuk menolak. Pelaku guilt trip akan mempengaruhi emosional Anda sehingga Anda tidak dapat berkutik untuk menolak. Tapi, cobalah untuk bersifat lebih tegas kepada diri Anda sendiri untuk berkata ‘tidak’ saat Anda tidak bisa melakukannya. Jangan sampai Anda terus terjebak dengan perasaan tidak enak hati. 

Terus terang

Source: Freepik

Jika pelaku guilt trip adalah kerabat terdekat atau pasangan Anda, katakanlah dengan jujur jika Anda tidak menyukai sifatnya yang manipulatif. Tidak ada salahnya untuk berterus terang, katakan secara tegas jika Anda tidak suka dengan cara mereka menyudutkan Anda dengan rasa bersalah. 

Jangan bawa perasaan

Source: Freepik

Menghadapi orang manipulatif, Anda jangan sampai bawa perasaan. Justru orang yang mudah bawa perasaan menjadi sasaran empuk bagi mereka. Sebisa mungkin Anda tidak terlalu bawa perasaan mengenai perkataan dan sifat mereka. Hal-hal yang dapat melukai perasaan Anda biarkan hilang begitu saja, dan cobalah untuk bersifat ‘bodo amat’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.