Deretan Makanan Sehat yang Dapat Meningkatkan Mood Anda!

Source: Freepik

Mood atau suasana hati yang buruk dapat mempengaruhi hari Anda. Untuk membuat mood lebih baik, ada beberapa makanan sehat yang dapat menjadi mood booster, loh! Daripada melampiaskan emosi dengan mengkonsumsi makanan kurang sehat, Anda dapat makan makanan yang lebih sehat dan tidak kalah enak. Simak berikut deretan makanan pembangkit mood!

Pisang

Source: Unsplash/@brett_jordan

Pisang memiliki kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6 yang dapat memproduksi hormon serotonin. Zat kimia pada otak inilah yang diperlukan tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Tidak asing lagi jika triptofan sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, insomnia, dan depresi.

Dark chocolate

Source: Unsplash/Towfiqu barbhuiya

Sudah tidak asing lagi jika cokelat menjadi mood booster, ditambah adanya gula pada cokelat dapat meningkatkan mood karena menjadi sumber bahan bakar yang cepat untuk otak. Adapun kandungan flavonoid yang tinggi pada cokelat yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi peradangan, hingga meningkatkan kesehatan otak, ini semua dapat mendukung pengaturan suasana hati.

Disarankan untuk mengkonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate karena jika chocolate milk mengandung bahan tambahan seperti gula dan lemak. Cokelat hitam cenderung lebih kaya akan flavonoid ketimbang milk chocolate.

Oatmeal

@molnj

Oatmeal memiliki indeks glikemik yang rendah dan menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati. Karena rendah indeks glikemik, ini akan melepaskan energi secara perlahan menuju aliran darah. Sehingga dapat membantu gula darah dan suasana hati menjadi stabil. Oatmeal juga mengandung selenium yang efektif untuk menjaga suasana hati.

Ikan

Source: Unsplash/@carolineattwood

Jenis ikan seperti sarden dan salmon menjadi sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Saat tubuh kekurangan omega 3 akan rentan untuk mengalami suasana hati yang buruk dan depresi. Usahakan untuk memenuhi asupan harian omega 3, ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.