Hindari Beberapa Makanan Berikut yang Dapat Memicu Kanker Payudara

Source: Freepik

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor pemicu utama penyebab kanker payudara, selain itu dapat juga dipengaruhi oleh keturunan namun jumlahnya sangat kecil. Paling besar terjadi karena lingkungan dan gaya hidup. Untuk mencegahnya, Anda dapat memulai hidup sehat dan menghindari konsumsi beberapa makanan berikut yang dapat memicu kanker payudara! 

Makanan kaya lemak jenuh 

Source: Freepik

Lemak jenuh atau lemak trans dapat dijumpai pada mentega, kue, biskuit, keripik, dan makanan yang digoreng. Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi lemak maksimal 30 gram per hari. Untuk menguranginya, Anda dapat beralih mengkonsumsi daging tanpa kulit, dan susu rendah lemak. Meskipun makanan yang digoreng nikmat, tapi cobalah untuk dikurangi, ya!

Makanan yang dibakar

Source: Freepik

Sate, ayam bakar, korean barbeque dan daging bakar lainnya sangat lezat, kan? Tapi, membakar daging dapat memicu kanker apalagi jika dilakukan di atas api tinggi dalam waktu yang lama. Hal ini terjadi karena pembakaran daging di atas api dapat memicu zat karsinogen, zat tersebut yang menyebabkan berkembangnya sel kanker termasuk payudara. 

Daging olahan

Source: Freepik

Daging olahan seperti sosis, daging asap, pepperoni, dan daging olahan lainnya dapat meningkatkan risiko terkena kanker karena banyaknya pengawet. Melansir dari gooddoctor.co.id, sebuah studi yang melibatkan 1.2 juta wanita menemukan jika sebanyak 9% lebih daging olahan yang dikonsumsi dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. 

Makanan kalengan

Source: Freepik

Umumnya, bagian sisi dalam kaleng dilapisi oleh bisphenol-A atau BPA yang merupakan bahan kimia dan terbukti dapat merusak DNA pada tubuh. Selain itu, dalam makanan kaleng juga mengandung gula, garam, serta pengawet yang tidak sehat bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Jika ingin mengkonsumsi makanan kaleng, pastikan terdapat label “BPA free” pada kalengnya, ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.