Jangan Dianggap Sepele, Ini Cara Mengatasi Susah Kentut

Source: Freepik

Kentut atau buang angin merupakan proses alami tubuh untuk membuang gas yang menumpuk di perut. Namun, beberapa orang kesulitan untuk kentut karena beberapa kondisi tertentu. Tentunya hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman di perut karena adanya penumpukan gas. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi susah kentut!

Konsumsi makanan yang cepat mengeluarkan gas

Source: Unsplash/@mohamad_babayan

Mengkonsumsi minuman bersoda dipercaya dapat mudah untuk kentut. Selain itu Anda juga dapat coba mengkonsumsi pemanis buatan seperti sorbitol atau xylitol atau permen karet untuk mempercepat buat angin. Jika masih belum bisa mengeluarkan gas juga, Anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan, makanan berlemak, dairy product, buah segar, dan makanan tinggi serat.

Memijat perut

Source: Freepik

Sulit kentut biasanya disebabkan oleh gas yang terjebak di dalam perut. Untuk mengatasinya, Anda dapat memijat-mijat perut dengan pijatan searah dengan jarum jam. Ini bertujuan untuk mengeluarkan gas yang terjebak tersebut, sehingga kram dan kembung akan teratasi. 

Minum teh chamomile

Source: Freepik

Perut begah dan kembung dapat dipicu oleh sulit kentut, untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi teh chamomile hangat. Ini karena teh bersifat diuretik yang dapat mengatasi retensi cairan pada tubuh. Dengan begitu, teh dapat mengurangi dehidrasi yang menyebabkan perut kembung serta mengeluarkan angin dan cairan berlebih pada tubuh.

Melakukan gerakan yoga

Source: Unsplash/@barcelocarl

Beberapa gerakan yoga dapat membantu melepaskan kelebihan gas pada perut jika dilakukan dengan rileks. Melakukan teknik pernapasan saat yoga juga dapat memberikan pengaruh yang baik. Anda dapat melakukan gerakan berbaring terlentang lalu tekuk kaku seperti sedang mencium lutut, tahan selama 20 detik hingga 1 menit. 

Gerakan lainnya adalah dengan berlutut seperti posisi kuda lalu tarik badan hingga tangan lurus. Lakukan gerakan ini selama 5 menit, ini bertujuan untuk memberikan tekanan pada otot abdomen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.