Sering Mengeluh? Ini Dampak Negatifnya Bagi Kesehatan dan Psikologis Anda!

Source: Freepik

Apakah Anda tipe yang sering mengeluh? Tak dipungkiri jika mengeluh terkadang membuat seseorang merasa lebih lega karena dapat meluapkan emosi negatifnya. Apalagi saat dilanda stres akibat pekerjaan, mengeluh menjadi rutinitas setiap saat. Namun, terlalu sering mengeluh juga tidak baik, loh! Tanpa disadari ini dapat membahayakan kesehatan Anda.

Berikut dampak negatif jika Anda terlalu sering mengeluh.

Hanya fokus pada masalah

Source: Unsplash/@julienlphoto

Saat mengeluh, Anda cenderung akan fokus pada masalahnya saja bukan mencari solusi untuk menyelesaikan masalahnya. Sifat ini dapat berpotensi membuat Anda terjebak pada amarah dan turut larut dalam situasi tersebut. Akhirnya, masalahnya tidak dapat diselesaikan dengan baik. Dampak panjangnya, Anda akan stres akan kondisi tersebut. 

Meningkatkan perasaan negatif

Source: Unsplash/@icon8 

Mengeluarkan emosi negatif dari pikiran dengan mengeluh jika dilakukan secara terus-menerus dapat membuat Anda terjebak pada ‘lingkaran setan’. Maksudnya, rasa stres dan perasaan negatif akan hadir pada tubuh Anda yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Saat tubuh dikelilingi pikiran negatif yang kuat, ini justru akan memicu lebih banyak pikiran negatif lagi. 

Mempengaruhi mood

Source: Unsplash/@magnetme

Kebiasaan mengeluhkan berbagai hal membuat seseorang menjadi mudah untuk bad mood. Mulai dari hal kecil seperti macet di jalanan, pekerjaan yang menumpuk, hingga masalah dengan orang terdekat akan langsung menimbulkan pikiran negatif yang membuat perasaan semakin memburuk. Tentunya, ini tidak baik untuk diri Anda dan juga kehidupan sosial Anda.

Mempengaruhi imun tubuh

Source: Freepik

Tak hanya mempengaruhi kesehatan mental saja, namun terlalu sering mengeluh juga berdampak pada fisik Anda. Saat stres dan banyak pikiran negatif, tubuh akan dibanjiri oleh hormon kortisol yang dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri dari penyakit sehingga imunitas tubuh akan menurun. Cobalah untuk lebih tenang dalam menghadapi sesuatu dan bermeditasi untuk menenangkan pikiran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.