Dikenal Lebih Sehat dari Roti Biasa, Ini Sederet Manfaat Roti Sourdough

Source: Unsplash.com/@tunnuz

Seperti namanya, roti sourdough atau roti asam memiliki rasa yang asam. Rasa asam ini diperoleh dari proses fermentasi selama beberapa jam. Perbedaan roti sourdough  dengan roti biasa ialah pada proses fermentasinya. Roti sourdough menciptakan ragi alami untuk membentuk gluten serta udara di dalam roti.

Meskipun roti ini hanya terbuat dari tepung, air, dan garam tetapi memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Saat dikunyah juga bertekstur kenyal akibat adanya kandungan gluten yang terbentuk. Roti ini digadang-gadang lebih sehat ketimbang roti biasa dan cocok untuk diet. Apa saja manfaatnya? Simak berikut penjelasannya!

Bergizi dan mudah dicerna

Source: Unsplash.com/@debbywidjaja

Walaupun tepung yang digunakan sama dengan jenis roti lainnya, namun proses fermentasi pada roti sourdough justru meningkatkan kandungan nutrisinya. Adapun pemecahan kandungan gluten pada proses fermentasi oleh bakteri baik sehingga membuat roti ini lebih mudah dicerna dan ramah bagi penderita gangguan pencernaan.

Menjaga kekebalan tubuh

Source: Unsplash.com/@missmushroom

Adanya kandungan probiotik pada roti sourdough dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, asam laktat yang terdapat di roti ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang sehat sehingga turut meningkatkan sistem kekebalan. 

Menjaga kadar gula normal

Source: Freepik

Jika Anda memiliki masalah gula darah, roti sourdough dapat menjadi pilihan. Ini karena roti ini memiliki bakeri yang saat masuk ke dalam tubuh dapat menurunkan indeks glikemik. Artinya, dapat membantu menekan level insulin pada tubuh. Anda tidak perlu cemas lagi dengan masalah gula darah yang akan meningkat saat mengkonsumsi roti. Namun, dalam mengkonsumsinya perlu dibatasi juga, ya!

Membantu menurunkan berat badan

Source: Freepik

Populer sebagai roti untuk diet, rupanya roti sourdough memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, tepung gandum utuh yang digunakan juga rendah kalori dan protein. Zat tersebut dapat membantu Anda menjaga nafsu makan serta mengontrol asupan kalori.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.