Punya Kulit Berminyak? Hindari Makanan Berikut Agar Kulit Tetap Sehat!

Source: Freepik

Kulit berminyak terjadi karena produksi sebum yang berlebih. Tak cukup diatasi hanya dengan skincare saja, kulit berminyak juga dapat dihindari dari asupan makanan dan minuman sehat. Beberapa makanan tertentu justru dapat memicu kulit berminyak dan berisiko timbulnya jerawat. Berikut beberapa makanan yang dapat Anda hindari untuk mengurangi kulit berminyak!

Gorengan

Source: Unsplash/@winedharma 

Mengkonsumsi terlalu banyak asam lemak omega-6 dapat menyebabkan inflamasi serta memicu tumbuhnya jerawat. Senyawa ini dapat dijumpai pada makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak. Selain itu, mengkonsumsi gorengan secara berlebih juga dapat mempengaruhi produksi sebum di kelenjar minyak dan dapat memicu timbulnya komedo. 

Makanan manis

Source: Unsplash/@janitors 

Makanan manis yang mengandung banyak gula, pastinya juga memiliki kadar glikemik yang tinggi pula. Dengan begitu, makanan tinggi gula dapat meningkatkan produksi hormon insulin dan IGF-1 yang dapat mempengaruhi kerja kelenjar minyak pada kulit. Kelenjar minyak tersebut dapat lebih aktif melepaskan sebum sehingga membuat kulit lebih berminyak. 

Olahan susu

Source: Unsplash/@perfectcoding

Untuk yang memiliki kulit berminyak, terlalu banyak mengkonsumsi dairy products tidak baik untuk kesehatan kulit. Adanya kandungan hormon yang terlalu tinggi pada susu dapat menyumbat pori-pori, sehingga dapat membuat kulit semakin berminyak. Selain memicu produksi sebum, dairy product atau produk olahan susu juga dapat memicu timbulnya jerawat. 

Makanan cepat saji

Source: Unsplash/@jonathanbrorba

Makanan cepat saji seperti ayam, kentang goreng, burger, pizza, memanglah lezat dan sangat praktis. Namun, makanan cepat saji dapat menjadi penyebab kulit berminyak. Ini karena banyaknya kandungan lemak trans, lemak jenuh, dan garam pada makanan cepat saji yang dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit. Apalagi jika ditambah dengan konsumsi soda yang kaya akan gula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.