Terjadi Erupsi di Gunung Semeru, 13 Orang Meninggal Dunia

Source: Kumparan

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12) sore. Mulanya letusan diawali dengan banjir lahar dan guguran awan panas. Erupsi di Semeru kemudian memicu hujan abu di beberapa desa seperti di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. 

Kemudian terdapat 8 desa dari dua kecamatan di Kabupaten Lumajang yang terdampak dari semburan awan panas Gunung Semeru. Yaitu di Desa Sumber Wulu, Sumber Mujur, Penanggal, Candipuro, dan Sumber Rejo, Kecamatan Candipuro. Sedangkan pada Kecamatan Pronojiwo terdapat 3 desa yaitu Desa Supiturang, Sumber Urip, dan Oro Oro Ombo. 

Selain itu juga erupsi membuat mati listrik sehingga warga mengungsi ke rumah ibadah dan kantor kepala desa setempat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menghimbau masyarakat agar tidak beraktivitas pada jarak 1 km dari kawah atau puncak semeru. Pada Sabtu malam, status Gunung Semeru masih pada level II atau waspada.

Memakan korban jiwa

Source: Antara

Pada minggu (6/12) pagi, Pelaksana Tugas Kapusdatin BNPB Abdul Muhari menyatakan jika terdapat 13 korban jiwa akibat erupsi Gunung Semeru. Dari 13 korban tersebut, dua diantaranya sudah teridentifikasi jenazahnya sementara 11 korban lainnya masih dalam proses identifikasi. 

Sementara itu, untuk korban luka bakar akibat erupsi saat ini sedang ditangani di puskesmas setempat. Namun, beberapa puskesmas mengalami kekurangan peralatan untuk menangani korban luka bakar.

Kondisi tempat pengungsian. Source: Twitter/@JesicaRahmadina 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.