Selain Kopi, Deretan Minuman Ini dapat Menghilangkan Rasa Kantuk

Source: Freepik

Umumnya, kopi menjadi minuman utama yang dipilih untuk tetap terjaga dan menghilangkan rasa ngantuk. Namun, untuk sebagian orang justru tidak bisa mengkonsumsi kopi. Selain itu juga ada batasan konsumsi kopi setiap harinya, jika konsumsi kopi secara berlebih akan menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, insomnia, detak jantung lebih cepat, dan tremorr otot. 

Berikut beberapa minuman selain kopi yang dapat Anda pilih untuk menghilangkan rasa kantuk!

Kombucha

Source: Unsplash/@to_metz

Kombucha merupakan teh fermentasi yang dapat menjadi alternatif penghilang ngantuk. Ini karena adanya kandungan L-theanine pada kombucha yang dapat bekerja bersama kafein untuk menambah energi tanpa membuat rasa gelisah seperti kopi. Meskipun kandungan kafein per cangkirnya lebih sedikit dari teh biasa, tapi kombucha dapat menjadi pilihan yang baik. 

Cokelat hangat

Source: Unsplash/@giancarloduarte 

Ternyata, cokelat juga mengandung kafein seperti kopi. Semakin pahit dan tinggi kadar kakao pada cokelat, maka semakin tinggi pula kandungan kafein yang ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, cokelat juga mengandung asam amino tirosin yang bermanfaat untuk meningkatkan mood, konsentrasi, serta fungsi kognitif otak. 

Soda

Source: Unsplash/@mohamad_babayan

Minuman bersoda umumnya dapat mengandung 20-40 miligram kafein yang dapat membantu menghilangkan rasa ngantuk. Ini dapat menjadi pilihan karena minuman bersoda juga dapat menyegarkan. Namun, karena soda memiliki kandungan gula yang tinggi Anda perlu membatasi konsumsinya. 

Air putih dingin

Source: Unsplash/@abillion 

Salah satu faktor mengantuk adalah kelelahan, tubuh yang lelah umumnya terjadi karena dehidrasi. Minum kopi bukan menjadi hal yang tepat untuk menghilangkan rasa ngantuk, cara terbaiknya adalah dengan minum banyak air putih. Air putih dapat menormalkan kembali sel-sel tubuh Anda dari dehidrasi dan kelelahan. Agar memberikan efek segar, Anda dapat mengkonsumsi air putih yang dingin. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.