Dapat Mengatasi Stress, Ini Manfaat Tidur Menggunakan Selimut Berat

Source: Freepik

Selimut berat atau weighted blanket merupakan selimut yang dikhususkan untuk membantu seseorang tidur lebih lelap dan di dalamnya sengaja diberikan beban agar berat, sehingga yang memakaikan merasa seperti dipeluk. Ternyata selimut berat tidak hanya menghangatkan tubuh tapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan terutama kesehatan mental.

Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Meningkatkan kualitas tidur

Source: Freepik

Saat menggunakan selimut berat, akan timbul stimulasi tekanan dari selimut yang dapat memicu produksi hormon serotonin. Sehingga menekan produksi hormon kortisol serta dapat meningkatkan kadar melatonin atau hormon yang dapat membantu tidur. Selain itu, karena ada sensasi seperti dipeluk, membuat seseorang akan lebih mudah terlelap dan kualitas tidur meningkat.

Mengurangi rasa cemas

Source: Unsplash/@aminhasani 

Mulanya, selimut berat diciptakan untuk pasien Autism spectrum disorder (ASD) yang lebih sering mengalami cemas berlebih, terutama saat sedang sendiri. Selimut berat kemudian dapat membantu mengurangi rasa cemas karena dapat memberikan ilusi kita sedang mendapatkan pelukan dari orang lain saat sedang tidur. Ini cocok untuk Anda yang sulit tidur jika sedang sendirian.

Tak hanya itu, selimut berat juga dapat mengatur hormon mood, serotonin, melatonin, dan hormon tidur dengan baik sehingga dapat menurunkan kortisol atau hormon yang dapat memicu stres.  

Menenangkan sistem saraf

Source: Unsplash/@ger46 

Sistem saraf yang terlalu aktif dapat menyebabkan masalah kecemasan, detak jantung yang cepat, hingga rasa sesak yang membuat sulit untuk tidur. Maka, saat menggunakan selimut berat akan mendistribusikan jumlah berat dan tekanan yang merata pada seluruh tubuh. Dengan begitu, selimut berat dapat menenangkan sistem saraf sehingga tubuh lebih rileks terutama saat tidur. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.