Beberapa Alternatif Pengganti Daging untuk Vegetarian, Tetap Tinggi Protein

Source: Unsplash/@shootdelicious 

Menjalani hidup sebagai vegetarian berarti harus menghindari konsumsi makanan yang berasal dari hewan. Bukan hanya sekadar gaya hidup, menjadi vegetarian juga memberikan manfaat untuk kesehatan seperti menghindari kanker, kolesterol, hingga diabetes. Tak perlu takut kekurangan protein, berikut beberapa alternatif pengganti daging yang dapat dikonsumsi oleh vegetarian!

Tahu

Source: Unsplash/@janaloyy 

Selain tinggi protein, tahu juga mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin B12, dan zat besi. Tahu juga dapat dikreasikan menjadi berbagai olahan lezat, teksturnya juga ringan dan lembut. Anda dapat mengkonsumsinya dengan berbagai cara mulai dari ditumis, sup, bahkan dibakar saat bbq-an juga enak, loh!

Tempe

Source: Unsplash/@ellaolsson

Tempe mengandung protein yang lebih tinggi ketimbang tahu, dalam 4 potong tempe mengandung sekitar 31 gram. Teksturnya juga menyerupai daging sehingga dapat dikreasikan menjadi berbagai olahan lezat. Tak hanya ditumis atau digoreng, tempe juga dapat dijadikan steak bahkan sate yang rasanya tidak kalah lezat dari daging. 

Jamur

Source: Unsplash/@onderortel

Jamur juga sering dijadikan pengganti daging karena kandungan seratnya yang tinggi dan juga kalorinya yang rendah. Memiliki tekstur yang kenyal dan berserat membuat jamur cocok sebagai alternatif pengganti daging. Jamur dapat ditumis, dibuat sup, atau dijadikan pengganti patty untuk burger. Selain itu jamur kancing atau jamur tiram dapat juga diolah menjadi sate karena teksturnya mirip dengan ayam. 

Terong

Source: Unsplash/@anetakpawlik

Terong memiliki teksturnya kenyal dan rasa gurih yang cukup kuat, tak jarang jika terong sering dijadikan pengganti daging oleh vegetarian. Mengolahnya juga mudah, makanan Indonesia banyak yang menyajikan olahan lezat dari terong. Mulai dari ditumis, goreng tepung, dipanggang, hingga dimasak dengan santan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.