Suka Shaving? Ini Cara Mengatasi Razor Burn atau Iritasi Karena Bercukur

Source: Unsplash/@sammywilliams

Razor burn merupakan luka iritasi yang disebabkan oleh pisau cukur pada bagian tubuh yang baru dicukur. Biasanya, razor burn biasanya ditandai dengan ruam merah pada kulit pada bagian yang habis dicukur. Selain itu, razor burn juga menyebabkan rasa gatal, sensasi rasa terbakar, hingga timbulnya benjolan merah.

Hal tersebut tentunya membuat Anda tidak nyaman setelah shaving. Meskipun razor burn bersifat sementara dan mereda seiring berjalannya waktu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Gunakan gel lidah buaya

Source: Freepik

Lidah buaya dipercaya dapat menenangkan kulit serta menyembuhkan luka bakar. Anda dapat menggunakan gel lidah buaya pada bagian kulit yang iritasi setelah shaving. Lidah buaya mengandung enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga razor burn pada kulit dapat sembuh lebih cepat. Namun, sebelum menggunakannya pastikan Anda tidak alergi lidah buaya, ya!

Kompres dengan air dingin

Source: Freepik

Iritasi yang timbul terasa panas? Anda dapat mengompresnya dengan air dingin atau es batu. Pertama diamkan area yang mengalami razor burn beberapa saat, lalu kompres dengan es batu yang dibalut dengan handuk bersih. Kemudian tempelkan pada area kulit yang iritasi. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sekali, hingga kulit Anda lebih terasa nyaman. 

Oleskan minyak alami

Source: Freepik

Minyak alami seperti minyak kelapa dipercaya memiliki sifat anti radang dan antiseptik, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi iritasi setelah shaving. Untuk menggunakannya, cukup oleskan minyak tipis-tipis pada area yang iritasi. Dengan menggunakan minyak alami, kulit menjadi lebih lembab dan lembut. Sehingga masalah razor burn seperti rasa terbakar, gatal, dan bengkak pada kulit akan membaik. 

Gunakan masker oatmeal

Source: Freepik

Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang bermanfaat dapat mengatasi masalah kulit akibat bercukur, oatmeal juga dapat membantu meredakan rasa gatal pada iritasi. 

Cara menggunakannya, haluskan oatmeal lalu campurkan dengan air hangat dan madu hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada area yang gatal dan kemerahan, biarkan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.