Bukan Hanya Kurang Tidur, Ini Penyebab Timbulnya Mata Panda

Source: Freepik

Umumnya, mata panda atau lingkaran pada bawah mata dikaitkan dengan kurang tidur atau sering begadang. Namun, itu bukan satu-satunya penyebab timbul mata panda. Ada beberapa penyebab lainnya yang memicu timbulnya mata panda. Apa saja? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Kebiasaan menatap layar

Source: Unsplash/@brucemars 

Terlalu sering menatap layar televisi, komputer atau laptop, serta ponsel dalam waktu yang lama dapat membuat mata lelah sehingga menyebabkan ketegangan pada mata. Kondisi mata tegang inilah yang membuat pembuluh darah pada area mata menjadi membesar sehingga kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap. 

Faktor usia

Source: Unsplash/@ravi_patel 

Seiring bertambahnya usia, kulit juga menjadi semakin tipis. Secara perlahan kulit akan kehilangan elastisitasnya. Pada kondisi inilah pembuluh darah di bawah mata akan semakin terlihat jelas dan memicu timbulnya mata panda. Selain itu juga dipengaruhi oleh penurunan produksi lemak dan kolagen di area mata juga berkurang karena bertambahnya usia, ini memperburuk kondisi lingkar hitam pada mata. 

Paparan sinar matahari

Source: Unsplash/@luxdamore 

Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi melanin atau pigmen penggelapan kulit lebih banyak. Kemudian paparan sinar matahari yang mengenai kulit mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit area mata sehingga warnanya menjadi lebih gelap. Inilah pentingnya menggunakan sunscreen, dan selalu gunakan hingga kulit bagian mata, ya!

Gaya hidup 

Source: Unsplash/@lilartsy 

Kebiasaan gaya hidup yang buruk seperti merokok dan mengkonsumsi minum alkohol juga dapat memicu timbulnya mata panda, loh! Ini terjadi karena menumpuknya cairan di dalam tubuh sehingga timbul mata panda. Efek dari merokok dan mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkar mata dapat terlihat lebih gelap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.