Kenali Manfaat Stevia, Pemanis Alami Pengganti Gula

Source: Pinterest

Stevia merupakan tanaman asal Amerika Lain yang memiliki rasa manis alami yang sering digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula pasir.  Stevia kemudian menjadi alternatif gula karena mengandung hampir nol kalori, sehingga baik untuk penderita diabetes maupun yang sedang diet. Bahkan, stevia terasa 200-300 kali lebih manis ketimbang gula pasir biasa.

Di balik manfaatnya sebagai pemanis alami pengganti gula, stevia juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan, loh! Apa saja? Simak informasinya berikut ini.

Mencegah kanker

Source: Freepik

Stevia mengandung antioksidan yang tinggi sehingga disebut mampu mencegah berbagai kanker. Adapun sebuah studi yang menyatakan jika risiko terkena kanker pankreas dapat menurun hingga 23 persen setelah mengkonsumsi stevian. Selain itu juga stevia dapat meningkatkan kematian sel kanker dan bersifat toksik untuk beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, leukemia, dan kanker lambung.

Menjaga kesehatan gigi

Source: Freepik

Jika gula biasa dapat merusak gigi, lain halnya stevia yang tidak merusak gigi karena kandungan kalorinya yang rendah. Sehingga, pemanis dari stevia tidak menyisakan banyak makanan untuk bakteri yang ada di gigi dan juga mengurangi risiko karies gigi. Namun, Anda harus tetap menyikat gigi dua kali sehari, ya!

Source: Freepik

Karena stevia hampir nol kalori, ini dapat memangkas kalori harian Anda. Dengan begitu, Anda dapat dengan tenang mengkonsumsi teh, kopi, atau makanan manis lainnya tanpa harus khawatir dengan kalorinya. Jika biasanya gula memiliki kalori yang tinggi sehingga memicu kenaikan berat badan, mengkonsumsi stevia akan membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya untuk diet, stevia juga baik dikonsumsi anak-anak untuk menurunkan risiko terkena obesitas pada anak. Apalagi anak-anak sangat senang dengan makanan manis, stevia dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi konsumsi gula pada anak. 

Aman untuk penderita diabetes

Source: Freepik

Pemanis dari stevia aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Ini karena stevia terbukti tidak memiliki efek pada glukosa darah atau respons insulin dan tidak merusak kestabilan gula darah. Sehingga aman untuk penderita diabetes mengkonsumsi makanan manis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.