4 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Body Scrub, Bikin Kulit Sehat!

Source: Pinterest

Selain mandi menggunakan sabun, menggunakan body scrub juga sama pentingnya untuk menjaga kulit tetap sehat. Rutin menggunakan body scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada badan sehingga kulit menjadi lebih lembut dan mulus. Tak harus mengeluarkan budget lebih, Anda bisa buat body scrub sendiri di rumah dengan bahan alami, loh! 

Apa saja bahan alami yang dapat digunakan sebagai body scrub? Simak informasinya berikut ini!

Kopi

Source: Unsplash/@anastasiaeremina

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kopi yang sering dimanfaatkan sebagai scrub. Ini karena kopi memiliki segudang manfaat untuk kulit tubuh maupun wajah. Kopi mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, meratakan warna kulit, hingga mengurangi selulit. Tak hanya itu, saat menggunakan kopi kulit akan menyerap antioksidan dari kopi untuk mencegah penuaan dini.

Cara penggunaannya juga mudah, Anda dapat mencampurkan kopi dengan gula sebagai bahan body scrub keduanya dapat menjadi eksfoliator unutk mengangkat sel kulit mati. Kemudian tambahkan juga dengan minyak zaitun agar kulit tetap lembab.

Teh hijau

Source: Unsplash/@vanilla88 

Teh hijau memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kulit, produk kecantikan yang mengandung teh hijau juga dipercaya dapat mengurangi kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Tekstur teh hijau yang kasar dapat membantu mengangkat sel kulit mati Anda.

Caranya, campurkan 2 kantong teh hijau yang diseduh dengan ½ gelas air biasa, gula coklat, dan minyak kelapa. Aduk hingga merata dan pastikan air yang digunakan tidak panas agar gulanya tidak larut. Setelah itu oleskan pada tubuh sambil dipijat, diamkan sesaat, dan bilas dengan air bersih.

Oatmeal

Source: Unsplash/@melsvision 

Untuk Anda yang memiliki masalah jerawat punggung, body scrub dengan oatmeal dapat menjadi piliihan. Selain menjadi eksfoliator, oatmeal juga dapat menenangkan serta menyembuhkan kulit yang bermasalah seperti jerawat punggung.

Membuatnya juga mudah, haluskan oatmeal dan tambahkan madu secukupnya. Kemudian oleskan pada tubuh sambil digosok secara perlahan selama 10-15 menit, dan jangan lupa untuk dibilas dengan air hangat.

Madu

Source: Unsplash/@arwinneil 

Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Menggunakan body scrub dari madu dapat membuat kulit Anda lebih halus. Bahan yang dibutuhkan yaitu ½ cangkir gula merah, ¼ cangkir minyak kelapa, dan 2 sendok makan madu. 

Cara membuatnya campurkan semua bahan dan aduk hingga rata, kemudian oleskan pada seluruh tubuh dan pijat perlahan. Setelahnya bersihkan dengan air bersih. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.