Sering Timbul Jerawat di Alis? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini!

Source: Freepik

Memiliki jerawat tentunya membuat tidak nyaman dan juga mengurangi kepercayaan diri. Jerawat dapat timbul di mana saja, salah satunya di alis. Selain tidak enak dipandang, jerawat di alis biasanya sakit dan cukup mengganggu. Ada beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat di alis.

Apa saja? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Akibat mencabut alis

Source: Freepik

Beberapa wanita memilih untuk mencabut alis untuk membuatnya terlihat lebih rapi dan sempurna. Mencabut alis dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti waxing, cukur, hingga threading. Apapun teknik yang digunakan, ternyata ini dapat memicu timbulnya jerawat di alis. Ini terjadi karena adanya ingrown hair, yaitu rambut yang terperangkap di balik kulit.

Sehingga ingrown hair dapat menyebabkan kotoran, bakteri, serta sel kulit mati terjebak di balik folikel rambut alis. Akibatnya, jerawat dapat timbul di alis Anda.

Penggunaan kosmetik

Source: Freepik

Penyebab lainnya dapat terjadi karena penggunaan kosmetik di area mata yang masih meninggalkan residu pada alis seperti penggunaan pensil alis, eyeshadow, dan lainnya. Residu yang tertinggal tersebut kemudian bercampur dengan keringat, debu, dan bakteri hingga jerawat dapat timbul di alis. Selain itu, penggunaan kosmetik untuk area mata yang tidak cocok juga dapat memicu timbulnya iritasi dan jerawat. 

Produksi minyak berlebih

Source: Freepik

Produksi minyak berlebih pada wajah menjadi pemicu utama timbulnya jerawat. Saat produksi minyak berlebih, ini dapat menyumbat folikel rambut pada alis sehingga folikel yang tersumbat dapat meradang. Inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat pada alis, tipe kulit wajah berminyak akan lebih rentan memiliki jerawat termasuk di bagian alis.

Tools make up yang kotor

Source: Freepik

Menggunakan tools makeup seperti brush atau spoolie yang kotor dan jarang dicuci juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat di alis, loh! Jangan anggap hal ini sepele, karena kotoran dari brush dapat berpindah pada kulit Anda sehinga menyebabkan jerawat. Pastikan Anda selalu rutin membersihkan tools makeup untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit dan menghindari terkena bakteri penyebab jerawat. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.