Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi, Dapat Mengurangi Rasa Sakit

Source: Freepik

Biasanya, menstruasi datang bersamaan dengan berbagai gejala yang membuat tidak nyaman sehingga sulit menjalani aktivitas seperti biasa. Beberapa gejala saat menstruasi seperti sakit perut, pusing, mual, dan lainnya. Beberapa gejala tersebut dapat Anda atasi dengan minuman berikut yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Berikut beberapa minuman yang baik dikonsumsi saat sedang menstruasi:

Teh herbal

Source: Unsplash/@forleaveas 

Beberapa teh herbal seperti teh chamomile mengandung anti peradangan dan antispasmodik yang dipercaya dapat merelaksasi otot. Selain itu, teh jahe juga baik dikonsumsi saat menstruasi untuk mengurangi rasa nyeri. Ini karena jahe memiliki kandungan ibuprofen yang berperan sebagai obat anti nyeri. 

Kunyit 

Source: Pinterest

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya baik dikonsumsi saat menstruasi. Ini karena kunyit dapat mempengaruhi kadar estrogen dan progesteron sehingga rasa nyeri perut saat menstruasi dapat berkurang. Anda juga dapat mencampurkan kunyit dengan lemon untuk menurunkan respon radang dan mengatasi nyeri perut. 

Smoothies

Source: Unsplash/@element5digital 

Hindari konsumsi minuman seperti kopi atau minuman boba lainnya saat sedang menstruasi. Pilihlan minuman sehat seperti smoothies dari buah dan sayuran. Ini dipercaya baik dikonsumsi saat menstruasi, apalagi jika smoothies mengandung vitamin C yang baik untuk mengurangi rasa nyeri pada perut. Vitamin C pada buah dan sayur mengandung anti peradangan sehingga dapat mengurangi nyeri Anda. 

Air putih

Source: Freepik

Hal yang terpenting adalah mengkonsumsi air putih yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh, termasuk saat sedang menstruasi. Jangan takut akan membuat perut kembung, justru mengkonsumsi air putih dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga terhindar dari sakit kepala. 

Anda dapat mengkonsumsi air hangat yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit serta dapat merelaksasikan otot rahim yang sedang kram. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.