Sakit Perut Setelah Minum Kopi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Source: Freepik

Secangkir kopi di pagi hari dapat membuat tubuh lebih segar dan terjaga. Namun, untuk sebagian orang justru mengkonsumsi kopi dapat membuat sakit perut atau mulas. Meskipun kopi memiliki banyak manfaat, tapi ada beberapa kandungan kopi yang dapat memicu gangguan pencernaan.

Berikut beberapa penyebab sakit perut setelah minum kopi:

Minum saat perut kosong

Source: Freepik

Kopi merupakan minuman yang bersifat asam sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong. Ada beberapa zat asam pada kopi seperti asam klorogenik yang jumlahnya paling besar dan memicu gangguan pada perut Anda. akibatnya, saat mengkonsumsi kopi yang terlalu asam saat perut kosong, akan memicu sakit perut hingga asam lambung naik.

Intoleransi laktosa

Source: Freepik

Sakit perut setelah minum kopi bisa jadi terjadi bukan karena kandungan kopinya, tetapi bahan tambahan dari kopi seperti susu, krimer, atau gula. Biasanya coffee shop menawarkan minuman kopi susu yang terbuat dari campuran susu serta krimer. Jika Anda memiliki intoleransi laktosa, mengkonsumsi kopi susu akan mengganggu sistem pencernaan.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat memilih kopi hitam atau kopi dengan susu kedelai atau susu oat. 

Perut sensitif terhadap kafein

Source: Freepik

Kafein pada kopi dipercaya dapat membangkitkan energi, namun untuk sebagian orang justru sensitif dengan kafein sehingga memicu sakit perut setelah minum kopi. Meskipun kopi yang diminum tidak terlalu asam, jika perut Anda sensitif dengan kafein justru akan meningkatkan produksi asam pada perut yang tentunya membuat tidak nyaman.

Pastikan Anda tidak minum kopi terlalu banyak, batasi satu hingga dua cangkir saja per harinya. Selain itu, untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi pisang setelah minum kopi. Ini karena pisang memiliki sifat basa yang dapat menghilangkan efek asam yang dihasilkan oleh kafein. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.