Cara Tepat Memilih Pelembab yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Source: Freepik

Untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi, penting untuk menggunakan pelembab dalam rangkaian skincare Anda. Namun, jangan sampai salah pilih karena beda jenis kulit maka beda pula jenis pelembab yang digunakan. Agar tidak salah pilih dan sesuai dengan kondisi kulit, yuk, simak informasi cara memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit berikut ini!

Kenali jenis kulit

Source: Freepik

Hal yang paling penting, kenali terlebih dahulu jenis kulit Anda. Apakah kulit Anda normal, kering, berminyak, atau sensitif? Setelah itu, Anda dapat memilih pelembab sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit normal, dapat menggunakan pelembab jenis apapun. Ini karena kulit Anda tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Jadi, lebih aman dalam memilih pelembab, pastikan Anda memilih pelembab yang dapat menghidrasi kulit dan tidak membuat kulit terlihat greasy.

Lalu untuk kulit kering, dapat menggunakan pelembab yang memiliki tekstur krim atau lotion sehingga dapat melembabkan serta menghidrasi kulit dengan baik. Tekstur yang ‘tebal’ tersebut dapat melindungi kulit kering Anda agar tidak semakin kering.

Bagi yang memiliki kulit berminyak, bukan berarti tidak perlu menggunakan pelembab. Anda dapat memilih pelembab yang water based atau gel, dengan tekstur yang ringan. Sehingga tidak akan membuat kulit semakin berminyak, pastikan juga produk yang digunakan oil-free, ya!

Berikutnya untuk kulit sensitif, Anda harus lebih teliti pada komposisi di dalam produknya. Pilihlah pelembab yang mengandung bahan-bahan yang lembut untuk kulit, mengandung cooling sensation, atau mengandung aloe vera.

Perhatikan kandungannya

Source: Freepik

Setelah tahu jenis pelembab yang cocok dengan kulit, Anda juga perlu memperhatikan kandungan dalam produk tersebut. Misalnya, untuk kulit berminyak hindari kandungan yang comedogenic, karena dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.
Untuk kulit kering, hindari pelembab dengan kandungan alkohol atau fragrance yang dapat membuat kulit semakin kering. Sementara untuk kulit normal dan kombinasi, dapat disesuaikan dengan kondisi wajah saat itu. Pastikan hindari kandungan yang membuat kulit Anda iritasi dan bermasalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.