Sederet Manfaat Air Beras untuk Wajah, Salah Satunya dapat Mencerahkan!

Source: Freepik

Air cucian atau air endapan beras sejak dulu sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan oleh perempuan di China dan Jepang. Pada air beras mengandung sekitar 70-80% zat tepung, vitamin B dan E, mineral, serta antioksidan. Air beras ini diperoleh dari air yang digunakan saat merendam atau mencuci beras. 

Meski belum ada penelitian yang menyatakan manfaatnya untuk wajah, namun air beras dipercaya memiliki sederet manfaat untuk kecantikan. Apa saja manfaatnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini! 

Mencerahkan wajah

Source: Freepik

Manfaat air beras yang paling terkenal adalah dapat mencerahkan kulit. Tak heran jika banyak produk kecantikan yang mengandung sari pati beras. Manfaat ini berasal dari kandungan gamma-oyzanol pada air beras yang dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Selain mencerahkan, air beras juga dapat membantu mengurangi noda hitam pada wajah. 

Mencegah penuaan dini

Source: Freepik

Fermentasi dari air beras mengandung antioksidan yang dapat memperlambat tanda penuaan dini. Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi tersebut dapat menghambat aktivitas enzim yang merusak elastisitas kulit. Sehingga, menggunakan air beras dapat menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, air berat juga dapat meningkatkan produksi kolagen. 

Meredakan iritasi kulit

Source: Freepik

Tak hanya bermanfaat untuk kulit wajah, air beras juga bermanfaat untuk kulit tubuh. Sebuah penelitian menyatakan jika berendam pada air beras selama 15 menit per hari dapat membantu pemulihan kulit serta mencegah iritasi kulit, seperti eksim. Meskipun sudah terbukti bermanfaat, jika Anda ingin rutin melakukannya perlu konsultasi dengan dokter lebih lanjut, ya!

Sebagai toner alami

Source: Freepik

Air beras juga sering dimanfaatkan sebagai toner alami untuk wajah. Membuatnya juga mudah, Anda dapat merebus beras secukupnya lalu saring air rebusannya. Kemudian simpan air rebusannya dalam botol dan biarkan dingin di dalam lemari es. Setelah itu, Anda dapat memindahkannya pada botol semprot dan gunakan pada wajah setelah mandi. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.