Anda Penderita Maag? Hindari Makanan Berikut yang Dapat Memicu Asam Lambung

Source: Freepik

Maag atau penyakit lambung merupakan penyakit yang umum terjadi, ini disebabkan karena tingginya kadar asam lambung sehingga menyebabkan iritasi pada bagian dinding lambung. Saat kambuh, tentunya Anda tidak nyaman karena timbul gejala seperti mual dan nyeri perut. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa hal salah satunya adalah jenis makanan tertentu.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari karena dapat memicu asam lambung:

Makanan pedas

Source: Unsplash/@grimnoire

Meski makanan pedas sangat lezat dan banyak digemari, namun memiliki beberapa efek samping. Seperti diare, sakit perut, mual, hingga panas di dada untuk sebagian orang. Mengkonsumsi makanan pedas dapat mengiritasi lapisan perut sehingga dapat menimbulkan masalah pencernaan serta gejala maag. Bagi penderita maag, jika terus dikonsumsi akan timbul peradangan yang semakin parah. 

Buah citrus

Source: Unsplash/@estudiobloom

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, hingga jeruk bali mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan. Namun, di sisi lain mengkonsumsi buah citrus dapat memicu naiknya asam lambung. Ini karena buah citrus memiliki jumlah asam yang dapat melemahkan otot esofagus, sehingga asam lambung lebih mudah naik. 

Kafein

Source: Unsplash/@nate_dumlao

Minuman berkafein seperti kopi dapat memicu asam lambung naik. Mungkin Anda sudah sering mendengar jika penderita maag tidak dianjurkan untuk minum kopi apalagi dalam jumlah yang banyak. Ini karena kafein dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah. Hindari konsumsi kopi apalagi berlebih, dan cobalah untuk menggantinya dengan minuman susu atau lainnya. 

Makanan tinggi lemak

Source: Freepik

Makanan lainnya yang dapat memicu asam lambung adalah makanan yang mengandung banyak lemak. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebih, ini dapat memicu gejala maag. Hal ini terjadi akibat lemak yang melemahkan otot pada katup kerongkongan bawah, dan menyebabkan kerongkongan mudah terbuka sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan. Gejala yang timbul berupa heartburn. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.