Selain Iwan Fals, Bunga Citra Lestari Turut Nyanyikan “Kinari” dari Book Soundtrack Rapijali

Setelah mempersembahkan “Kinari”, “Awal Mula”, “Rumah yang Baru”, dan “Before You”, Rapijali Book Soundtrack menghadirkan sebuah lagu baru. Lagu ini adalah “Kinari” versi vokalis perempuan yang dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari.

Sebelumnya, “Kinari” dalam versi Yuda Alexander sudah dibawakan oleh Iwan Fals. Kali ini, Bunga Citra Lestari menyanyikan “Kinari” dalam versi Lovinka Alexander alias Ping, karakter utama di serial Rapijali, buku yang ditulis oleh Dee Lestari. Di jalan cerita, Ping menyanyikan “Kinari” ketika telah memapankan posisinya sebagai penyanyi pendatang baru di Tanah Air.

Dari awal pembuatan lagu “Kinari”, Dee Lestari telah mencanangkan lagu tersebut hadir dalam dua versi. Versi pertama yakni seorang ayah yang bernyanyi untuk anaknya, dan versi kedua adalah anak yang bernyanyi kepada ibunya. Sejak mula, Dee Lestari memang sudah menginginkan BCL sebagai penyanyi “Kinari” versi Ping karena menurut Dee, Bunga Citra Lestari punya kejelian dalam menyeleksi lagu, termasuk urusan interpretasi vokal.

Bunga Citra Lestari selalu cermat memilih lagu-lagu yang mampu menampilkan vokal khasnya secara optimal. Penampilan BCL pun semakin bagus dari waktu ke waktu. Aku punya selera spesifik terkait vokalis perempuan dan Bunga Citra Lestari adalah salah satu yang kusuka. Saat mendengar BCL menyanyikan ‘Kinari’, she totally nailed it. Dia benar-benar menyampaikan isi lagunya sesuai dengan bayanganku, dan juga sesuai dengan kebutuhan cerita,” kata Dee Lestari.

“Kinari” menjadi kerja sama perdana Bunga Citra Lestari dan Dee Lestari.. Bunga Citra Lestari sendiri sangat menantikan proyek ini karena ia adalah penggemar dari lagu-lagu Dee Lestari. Saat kali pertama menerima demo “Kinari”, Bunga Citra Lestari mengaku menangis karena merasa seperti tersihir oleh keindahan aransemennya.

Ada tantangan tersendiri bagi Bunga Citra Lestari untuk menyanyikan “Kinari” versi Lovinka Alexander. Salah satunya adalah karena lagu ini sudah lebih dahulu dibawakan oleh Iwan Fals sehingga terdapat interpretasi maupun sudut pandang artistik berbeda atas lagu yang sama.  Cara Iwan Fals melagu terdengar seperti sosok kakek yang sedang mendongeng, sementara Bunga Citra Lestari harus mewakili sosok Ping sebagai bintang baru yang menjanjikan. Namun, tantangan itu berhasil ditaklukkan oleh Bunga Citra Lestari lewat proses rekaman yang berjalan baik serta lancar..

“Buatku, ‘Kinari’ adalah lagu yang menceritakan tentang sebuah perjalanan. Aku berusaha mengerti lagunya dengan mendengarkannya terus-menerus. Sudah sekian lama aku menunggu bekerja sama dengan Dee Lestari, sehingga sempat ada keraguan terhadap diriku sendiri untuk bisa membawakan lagu ini sesuai dengan ekspektasi penciptanya. Ternyata, hasilnya memuaskan, tentu berkat dukungan orang-orang terdekat dan Dee Lestari sendiri. Aku harap orang-orang bisa menikmati ‘Kinari’ versi Lovinka Alexander ini,” jelas Bunga Citra Lestari.

“Lagu ‘Kinari’ berbicara tentang kesempatan kedua. Ketika “Kinari” dibawakan oleh karakter Yuda Alexander, lalu dinyanyikan kembali oleh Lovinka Alexander, lagu tersebut kembali bersinar seolah lahir untuk kedua kalinya lewat penyanyi yang berbeda. ‘Kinari’ sebagai sebuah lagu seolah melewati semacam siklus kehidupan. Aku suka bekerja sama dengan Bunga Citra Lestari. Dia menerima tantangan dari kami, dan punya cara tersendiri untuk menjawabnya. Aku sangat mengapresiasi Bunga Citra Lestari untuk itu,” tutup Dee Lestari.

KINARI (VERSI LOVINKA ALEXANDER)

DARI SATU PINTU RAHASIA

ENGKAU TIBA

SEPARUH DEWI

DAN BIDADARI

KAU BERNYANYI

SUARAMU MENJADI PANDU

BAGI GELAP DUNIAKU

BERI AKU

HARAPAN BARU

KAU BISIKKAN NAMAMU

KINARI,

HADIRMU BAGAI CAHAYA

PERTANDA LAHIRNYA CINTA

DALAM HIDUPKU

MUSIK YANG INDAH

KINARI,

SELAKSA UNTAIAN NADA

BERSUA SEJUTA KATA

ITULAH ENGKAU

MUSIK YANG INDAH

DARI BALIK BUSUR PELANGI

KAU MENITI

SEMERDU KICAU

BURUNG BERLAGU

KAU BERNYANYI

SUARAMU MENJADI PANDU

BAGI GELAP DUNIAKU

BERI AKU

HARAPAN BARU

KAU BISIKKAN NAMAMU

KINARI,

HADIRMU BAGAI CAHAYA

PERTANDA LAHIRNYA CINTA

DALAM HIDUPKU

MUSIK YANG INDAH

KINARI,

SELAKSA UNTAIAN NADA

BERSUA SEJUTA KATA

ITULAH ENGKAU

MUSIK YANG INDAH

JIKA NANTI KEGELAPAN MENJELANG

SUARAMU MENJADI CAHAYAKU

KAU TERANGI

KAU BERNYANYI

PANGGIL NAMAKU


Kategori:Music

Tagged as: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.